Video viral upacara kemerdekaan

Video viral seorang siswa yang memanjat tiang bendera pada peringatan HUT RI ke-73 di Atambua menarik perhatian Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi.

Aksi panjat tiang bendera di upacara peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-73 oleh siswa SMP di Kabupaten Belu Perbatasan Indonesia dan Timor Leste tersebar luas lewat di sosial media.

Aksi heroik pelajar SMP panjat tiang bendera di upacara HUT Kemerdekaan Indonesia ke-73 ini ini terjadi di Motaain, Seda Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Provinsi NTT, Jumat (17/08/2018).

Video viral tersebut ternyata juga menarik perhatian Imam Nahrawi.Lewat akun Instagramnya, Imam Nahrawi mengapresiasi aksi siswa tersebut.” 17.08.2018 Salam Hormat untuk Adik dari Atambua ini.

Dia memanjat tiang bendera karena tali pengikat Bendera Merah Putih tersangkut pada saat Upacara peringatan hari kemerdekaan. Berkat usahanya Bendera Merah Putih bisa dikibarkan di Upacara 17-an di Atambua.

*didokumentasikan oleh petugas yg bertugas di perbatasan REPUBLIK INDONESIA dengan TIMOR LESTE,” tulis Imam.Banyak warganet yang menyatakan kekagumannya terhadap aksi berani dari anak laki-laki itu.

fadhel_salazen, ” Izin pak mentri @nahrawi_imam Anak ini layak diberikan penghargaa beasiswa seumur hidup. Anak ini layak jadi panutan untuk generasi muda.” ergilove, ” Oh Tuhan.. betapa membaranya rasa cinta pada tanah air di hatinya.. hingga keberanian itu dtg tanpa pikir panjang.. saya melihat atlit masa depan.. mgkin juga perwira di masa mendatang . Semoga Tuhan memberkatimu adik sayang.. merdeka.”

brilyant_abidzar77, ” Pak @jokowi undang ke istana donk.” fridko_ray, ” Wow… ini harus di kasih penghargaan dan Beasiswa nih pak Mentri @nahrawi_imam dan pak presiden @jokowi . Saya kira 1 diantar 1 juta yg berani melakukannya…”

nesan_jaya, ” palawan jaman now Pak @nahrawi_imam..” bha.sk_27, ” Tuhan bersama orang orang yabg nekat, salam satu nyali, wani!!”

muh_mirghoni, ” Pahlawan di jaman now.” opick_cfc, ” Tidak terasa air mata ini menetes.”

Sebelumnya, pada perayaan hari kemerdekaan RI yang ke-73, disebuah video upacara bendera nampak semua peserta upacara HUT Kemerdekaan Indonesia ke-73 riuh dengan putusnya tali bendera yang tersangkut di ujung atas tiang bendera.

Tiba-tiba, bocah laki-laki berseragam SMP ini memberanikan diri memanjat tiang bendera setinggi belasan meter.Berkat usahanya, akhirnya ujung tali bisa didapatkan di ujung tiang bendera.Tepuk tangan terdengar dari arah peserta upacara.

Detik-detik bocah ini direkam oleh salah satu peserta upacara bendera lalu diposting di facebook oleh akun Ika Silalahi disertakan sebuah foto lain yakni foto Inspektur upacara yang juga adalah Wakil Bupati Belu, JT. Ose Luan beserta bocah itu.

Dalam video berdurasi hampir dua menit ini, sang bocah sempat berhenti saat sudah berada di tengah tiang, sempat terdengar ada permintaan melalui pengeras suara agar sang bocah turun. Namun sang bocah tetap melanjutkan memanjat, hingga akhirnya tiba di puncak dan berhasil membawa turun ujung tali.

Terdengar suara tegang dari seseorang yang diduga perekam video ini karena merinding menyaksikan aksi sang bocah.

Dalam postingan ini, Akun Ika Silalahi juga menambahkan caption, Jangan pernah anggap dirimu kecil dan tidak berguna. Anak kecil dari Atambua ini memanjat tiang bendera untuk mengambil bagian tali yang terlepas saat bendera dibentangkan.Apapun yang terjadi Merah Putih harus tetap berkibar!!

Dirgahayu negeriku.Warganet yang menonton video ini mengaku merinding, ada yang memuji keberanian sang bocah. Ada juga yang bertanya siapa nama bocah tersebut.Menurut beberapa netizen, bocah ini adalah pahlawan sesungguhnya dan patut mendapat apresiasi dari pemerintah.

Berikut beberapa komentar netizen menanggapi postingan akun Ika Silalahi:Marthina Berliana Sitorus, “Keren banget inang adek itu.. ????”.Ika Silalahi, “Kami pikir bendera akan dilipat, lalu datang adik ini. Pahlawan dia”.

Marthina Berliana Sitorus, “Luar biasa semangat dan perjuangan adik ini. Salam buat adik kita ini ya inang”. Christy Manalu, “merindinggg ika”. Ika Silalahi, “Kami banyak yg nangis terharu kak”.

Nikson Siregar , “Hebat inang, langsung inang lihat? Ikut upacara? Dia jd pahlawan”. Ika Silalahi, “Refleks saya rekam,amang. Kami upacara di Motaain, perbatasan RI-TL”.Nikson Siregar, “Ika Silalahi salut inang buat anak tsbt. Semoga dpt perhatian dr Pemda Setempat”.Bosmen Halomoan Silalahi, “Luarbiasa”.